Home » Food » Kering Tempe Sederhana

Kering Tempe Sederhana

kering tempe

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia tempe adalah kewajiban. Kurang “afdol” rasanya kalau makan tidak ada tempe, bagai laut tanpa garam kata pribahasa. Tempe adalah makanan tradisional yang terbuat dari biji kedelai dioalah melalui proses frementasi dengan dibantu jamur yang disebut ragi lalu jadilah tempe. Di Bali, tempe penyet misalnya, merupakan menu favorit anak kost seperti saya saat masih kuliah. Selain harganya murah rasanya ituloh..makjleb, makyosss apalagi kalau sambelnya pas banget, pedes dengan rasa tomat suegernya, hem…nyam..nyam…

Tapi pada kesempatan ini, Aku tidak membagikan resep cara membuat tempe penyet atau cara bagaimana membuat tempe melainkan  membagikan resep bagaimana mengolah tempe menjadi menu lain yang cukup sedap, lezat dan mudah dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh orang yang belum pernah memasak sekalipun. Resep Saya kali ini adalah  “Kering Tempe” yang sangat sederhana.

Pertama-tama siapkan tempenya sebanyak 400 grm saja. Kalau di Indonesia sungguh sangat mudah didapatkan baik di supermarket atau pasar tradisional. Di luar negeri tempe bisa kita dapatkan di toko-toko asia, tapi yah itu deh harganya cukup mahal sedikit, kira-kira 40 ribu sebanyak 400 grm. Makanya bagi saya Tempe menjadi sangat istimewa :-).

Langkah selanjutnya adalah potong atau iris tempe menjadi kecil-kecil [potong sesuai selera]. Lalu goreng dengan minyak kelapa atau minyak goreng yang lain di atas penggorengan. Masukkan tempe saat minyak sudah mulai panas. Setelah tempe terlihat kering dan matang kecoklatan,angkat dan tiriskan.

Setelah itu yang kita lakukan adalah mempersiapkan bumbu-bumbu untuk membuat kering tempe sederhana dan gak ribet ala chef ichu, pertama siapkan :
3 biji bawang merah yang dirajang halus                                                                                                                                                                     2 biji bawang putih juga dirajang halus
1 cm laos [galanggal] di iris tipis atau di geprok
3 sendok makan kecap manis
1 sendok makan kecap asin
1 biji cabe merah besar di rajang
2 cabe rawit dirajang
seperempat irisan jeruk nipis ambil airnya

Panaskan 1 sendok minyak goreng dalam pengorengan. Masukkan rajangan bawang merah, bawang putih, laos,cabe besar dan cabe kecil dalam penggorengan sampai baunya harum, lalu masukkan tempe yang sudah ditiriskan, aduk aduk kemudian tambahkan kecap manis dan kecap asin lalu aduk-aduk lagi sampai merata, terakhir masukkan perasan air jeruk nipis, aduk kembali sampai tercampur rata, setelah itu angkat dan siap dihidangkan. Selamat mencoba dan menikmati :-)

Leave a Reply