Home » Films » Noah

Noah

NoahPertama kali saya baca dari beberapa  surat kabar atau informasi di Internet tentang film Noah. Beritanya cukup kontroversial, karena film ini mendapat banyak kritikan dan hujatan dari khalayak terutama dari komunitas muslim dunia, bahkan sempat di black list untuk tidak diputar di wilayah atau negara mereka. Salah satu penyebabnya adalah karena “Nabi Nuh” atau NOAH yang diperankan oleh Russel Crowe dalam film tersebut digambarkan sebagai sosok yang kejam dan sama sekali jauh dari sosok seorang Nabi (prophet), tentu saja hal ini bertentangan dengan kepercayaan yang mereka dengar dan yakini sesuai dengan cerita di alkitab. Tak dapat disangkal bahwa kemudian atas kontroversi itulah menarik minatku untuk menonton Film Noah, terlebih keberadaan Russel crowe & Emma Watson selaku pemain utama di film ini adalah aktor/aktris yang pernah memenangkan Academy Award, semakin-lah menambah dorongan nafsuku untuk segera menonton dan menikmaktinya. Lewat iTunes, aku membeli film ini dengan harga yang cukup lumayan $24,99 dengan harapan film ini akan menyuguhkan tontonan yang menarik plus special effect yang cukup brilliant. Noah merupakan film epik religius bergenre drama yang rilis pada 28 Maret 2014, diproduksi oleh studio 20th Century Fox, dan berdurasi 2 jam 20 menit. Film ini disutradarai oleh Darren Aronofsky serta diskenarioi juga oleh Aronofsky bersama John logan. Ada bebrapa nama besar yang membintangi film ini, diantaranya adalah Russel Crowe, Jennifer Connely, Douglas Booth, Logan Lerman, Emma Watson dan Ray Winstone.

Pada Pengantar Film, diceritakan secara singkat tentang Adam dan Eve (Hawa) yang pada awalnya tinggal di surga harus meninggakannya karena telah menyalahi aturan dengan memakan buah khuldi (buah larangan). Dan setelah mereka berada di dunia, Adam dan Eve mempuanyai tiga orang anak yakni, Cain, Abel, dan Seth. Cain membunuh Abel, dan kemudian lari ke wilayah timur, dan dilindungi oleh sekelompok malaikat yang jatuh dari langit, yang disebut [the Watcher; pengamat/pengawas] yang juga membantunya membangun peradaban serta menyebar kejahatan, dan hanya satu keterunan dari Seth yg mempertahankan apa yang dibuat oleh Creator [baca;Tuhan].

Sepertinya pengantar yang berbetuk tulisan dalam film ini berusaha menyingkat alur cerita, lalu tiba tiba saja masuk dalam scene visual, Noah bersama dengan ayahnya yang akan membai’at nya sebagai keturunan Seth yang akan mempertahankan keberlangsungan-kebaikan dunia dari segala bentuk kejahatan. Tapi tiba tiba muncul keturunan Cain; manusia, yang kemudian merebut relic keturunan Seth dan membunuh Ayah Noah, sedangkan Noah melarikan diri.

Lagi-lagi pengulangan untuk mempersingkat alur cerita terjadi kembali. Tiba-tiba saja diceritakan Noah sudah dewasa dan mempunyai tiga orang anak antara lain, Shem, Ham, Japhret. Saat Noah sedang mencari makanan bersama ketiga anaknya, mungkin inilah yang kemudian menjadi awal dari perjalanan film untuk memasuki alur cerita sebenarnya, dimulai dari Noah yang mendapatkan firasat dari langit dengan melihat bunga yg mekar tanpa ada tujuan; “the flower blooming for nothing”. dilanjutkan ketika Noah tertidur dan mendapatkan firasat melalui mimpinya. Dalam mimpi tersebut Noah mendapatkan gambaran bagaiman manusia saling bunuh, dan dia melihat sebuah gunung moyangnya, menginjak tanah yang penuh dengan darah dan masuk dalam air dan melihat begitu jutaan mayat yang mengapung di dalam air.

Singat cerita Noah kemudian mengikuti firasat mimpinya, untuk menemukan gunung leluhurnya, karena dia berpikir disanalah kunci dari tafsir mimpi bisa dia dapatkan. Ditengah perjalanan Noah bersama keluarganya bertemu dengan seorang gadis kecil yang terluka parah, kemudian mereka selamatkan dan nantinya meraka jadikan bagian dari keluarganya. Di saat akan menyelamatkan gadis tersebut dari kejauhan sekelompok manusia tiba-tiba saja mengejarnya dan menyerangnya dan mungkin akan membunuh Noah dan keluarganya, tapi sayangnya Aku tak menemukan alasan yang jelas kenapa tiba-tiba sekelompok orang tersebut menyerang Noah.

Noah dan keluarganya melarikan diri memasuki satu kawasan yang dalam visual difilm digambarkan membahayakan karena tidak ada jalan lain, tapi justru disinilah Noah dan keluarganya diselamatkan oleh manusia Batu yang disebut the Witcher. Agak aneh sebetulnya dijaman Noah/ Nabi Nuh eksis manusia batu kayak si Ben dalam film “The fantastic 4”. Noah dan keluarganya terselamatkan, dan akhirnya Noah menemukan gunung leluhurnya dan bahkan bertemu dengan kakeknya, Methusaleh. Di Gunung tersebut dan dari hasil percakapannya dengan kakeknya, Noah semakin yakin dengan firasat dalam mimpinya bahwa dunia akan segera berakhir dan sang Creator akan memberikan hukuman kepada manusia akibat kejahatannya. Akan tiba saatnya sebuah bencana besar dengan datangnya air bah yang akan menengelamkan isi dunia. Dan pesan yang ditangkap Noah adalah dengan membuat sebuah perahu raksasa yang nantinya berfungsi untuk menyelamatkan mahkluk lain tapi bukan manusia, yaitu binatang. Sebelum meninggalkan Gunung leluhurnya, melelui kakeknya Noah dapatkan sebuah biji yang dipesankan untuk ditanam setibanya noah berada diperkemahannya.

Noah ditemani oleh Shem kembali ke tempat dimana keluarganya menunggu. Sebelum membaringakan tubuh untuk istirahat, Noah menanam biji pemberian kakeknya. Dan Noah dipagi harinya terbangun kaget karena biji yang dia tanam menghasilkan tumbuhan dan berbentuk hutan, sebagai bahan baku untuk perahu yang akan dibuatnya. Dengan bantuan para manusia batu itulah kemudian Noah membangun perahunya. Ada alasan Noah kenapa dia membuat perahu tidak untuk menyelamatkan manusia selain dia dan keluarganya, karena sesuai perintah tuhan Noah akan mengantarkan kehidupan baru bagi dunia setelah badai berakhir. Hal ini tentu saja berbeda dengan cerita yang berkembang dalam komunitas muslim kebanyakan, ketika NUH, memperingatkan kepada seleuruh umatnya/manusia bahwa akan ada banjir besar dan dia membuat perahu untuk menyelamatkan mereka, tapi sayangnya umatnya tidak percaya dan malah menyangka Nuh sudah gila.

Sampailah pada saat banjir bah akan datang semua binatang sudah berada dalam, kecuali anak-anak Noah, She, Illa  dan Ham, yang masih diluar.  Titik puncak konflik ketika Noah mencari anaknya dan mengajak anak-anaknya kembali ke kapal, ditenga serangan pasukan cain yang ingin menguasai dan mengahancurkan kapal Noah. Akhirnya noah berhasil menemukan  Shem, Illa, dan Ham, walau kemudian gadis Ham harus meninggal terjebak perangkap dan terinjak pasukan Cain. Noah bersama anaknya kembali kekapal. Dengan bantuan para Watcher Noah berusaha mempertahankan kapal, sampai tiba kemudian air bah datang, Cain berhasil menyusup kekapal, Ham yang merasa marah sama ayahnya karena membiarkan pacarnya meninggal, Noah yang ingin membunuh anak Shem dan Illa karena jenis kelaminnya perempuan, dan akhirnya menemukan daratan yang baru adalah konflik dan resolusi konflik adalah plot cerita dalam kapal Noah selanjutnya.

Sebetulnya dari alur film nya sendiri bagi saya tidak begitu mengecewakan, karena ada tafsir lain tentang cerita Nabi Nuh, terutama ketika semua keluarga Nabi Nuh atau Noah ada dalam kapal, yang dalam cerita baik di Bibel atau Alqur’an istri dan anak Nuh tidak berada dalam kapal bahkan mengingkarinya, mungkin ini salah satu strategi dari sang stradara untuk membuat filmnya laku. yang mengecewakan adalah, akting sekaliber Russel Crowe dan Emma Watson kurang begitu optimal. Setting tempat yang bergurun dan berbatu terjal tak mendukung bagaimana kemudian strategi subsitensi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, hal ini agak paradox bagi saya. Animasi dalam film Noah, jika dibandingkan dengan film epic yang lain semisal film Gladiator yang Russel Crowe bintangi dan Harry Potter dinama Emma Watson sebagai salah satu pemeran utama, sungguh sangat jauh berbeda boleh dikatakan kalah jauh. Bagi saya film Noah tidak seperti ekspetasi dan bayangan saya, yang akan menyuguhkan tontonan menarik melalu akting para pemeran dan terlebih spesial effectnya. Tapi mungkin menjawab curiosity ku, Oh ternyata filmnya cuma segitu. Dan sekali lagi terlalu berlebihan kalau Film ini ditanggapi cukup kontroversial. Pada akhirnya saya kembalikan pada kawan-kawan penikmat film, dan  saya ucapkan selamat menonton, jika berminat :-)

Available_on_iTunes_Badge_US-UK_110x40_0824

 

Leave a Reply