Home » Food » Pepes Ikan Tuna

Pepes Ikan Tuna

pepes tuna

Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang benama pepes tuna, selama kalian tinggal di Indonesia aku yakin pasti pernah tahu atau pernah mendengarnya walaupun belum pernah mencobanya. Tapi jangan khawatir bagi kalian yang belum pernah mencoba atau merasakan lezatnya pepes tuna, disini aku akan berbagi resep dengan kalian. Jadinya akan lebih mempermudah kawan-kawan meneikmati masakan khas Indonesia ini dari hasil masakan sendiri.

Seperti biasanya sore tadi aku memasak untuk makan malam, salah satu menu yang aku persiapkan adalah pepes tuna, kenapa pepes tuna..heh…heh..heh.. karena pepes ini adalah makanan favorit kesukaanku selain itu cara masaknya juga gampang dan tidak terlalu ribet.

Pertama-tama siapkan 500 grm ikan tuna, ini bisa kita beli disupermarket atau pasar tradisional.
hancurkan dengan cara diremas-remas pakai tangan atau jadikan potongan kecil-kecil. Setelah itu persiapkan bumbu-bumbunya, antara lain;
4 biji bawang putih
4 biji bawang merah
4 biji kemiri
1/2 cm jahe
1 cm kunir
1 sendok teh garam
2 sendok teh gula
2 buah Cabe merah besar
4 buah cabe rawit

Taruh semua bumbu dia atas dalam pengulekan, lalu uleg secara bersama-sama hinga halus/lembut istilah Jawanya. Setelah bumbu halus, campur dengan ikan tuna aduk-aduk hinga rata dalam satu buah mangkuk yang lumayan agak besar biar adukannya mantap. Setelah bumbu dan Tuna teraduk cukup rata siapkan daun pisang untuk membungkusnya, taruh adonan ikan tuna bersama bumbu tadi di atas daun pisang, jika tidak ada daun pisang, bisa menggunakan Alumunium foil seperti yang biasa aku gunakan jika memasak pepes ikan tuna, karena memang daun pisang disini susah didapatnya :-). Sebelum dibungkus jangan lupa tambahkan irisan 1 tomat sedang di bagi delapan, dan juga tanbahkan 8 helai daun basil/kemangi, lalu dibungkus. Masukkan Bungkusan/pepesan ikan tuna tadi dalam steamer atau panci yang biasa digunakan memasakn nasi selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang, setelah itu angkat dan siap untuk dinikmati. Selamat mencoba dan menimakti lezatnya Pepes Tuna khas selera nusantara.

*porsi cukup untuk 4 orang

Comments

  1. windu says:

    Knapa musti dihancurin tunanta cu? Berarti ini tuna ydah direbys/ udah mateng yak?

    1. SA says:

      iya mbak kalau tunanya sudah mateng di remas-remas, kalau masih mentah dipotong saja kecil-kecil…

Leave a Reply