Home » Article / Essay / Opinion / Sketch » Rizal & Rasendriya

Rizal & Rasendriya

 

rizal1 Rizal2 Rizal3

Setelah hampir tiga tahun akhirnya aku ketemu lagi sama kawan lama ku Rizal Abdul Hadi. Terakhir aku ketemu saat Rizal ada gigs di taman 65 Bali, sebuah komunitas dan tempat yang dedikasikan untuk para korban kekejaman Orde Baru ditahun 65. Pertemuan kami sebetulnya agak unik, lewat Facebook Rizal memberitahukan bahwa saat ini sedang ada tour untuk project musiknya di Australia. Mendapat invitation dari dia tentu saja tak akan aku sia-siakan untuk ketemu dengannya sekaligus ingin menikmati project musiknya yang dia beri nama Rizal & Rasendriya.

Akhirnya, sore tadi aku bisa bertemu dengan Rizal, tak banyak  berubah darinya, tetapa kurus, gondrong, dan keriting :-) malah Dia balik komen kalau diriku sekarang bertambah gemuk, dan ringan saja aku timpali, “Yah, babinya lagi penggemukan untuk siap dikorbankan saat hari raya korban…”, wkwk kita pun cekikian bersama.

rizal4 rizal5 rizal8

Setelah saling bertanya kabar, aku sedikit membantu untuk mempersiapkan perlengkapan alat musiknya, karena sebentar lagi akan dimulai. Saat itulah aku lihat alat musik Rizal yang baru dan dia berinama Rasendriya, sebuah gitar bambu yang dia kombinasikan dengan didgeridoo, juga terbuat dari bambu. Terkagum-kagum aku dibuatnya, karena rizal mampu menciptakan alat musik sendiri untuk project musiknya. Dia juga sempat cerita kalau alat musik yang dibuatnya  hasil dari kumpul – kumpul dan dapat inspirasi dari kawanku satu lagi si-Wukir Suryadi dari Senyawa. Wah hebat pikirku, kawan-kawan ini memang musisi yang total,  dibandingkan dengan aku yang cuma wawawe dalam bermusik..tergantung mood, situasi dan kondisi :-).

rizal6

Rizal juga cerita kalau dia masih setia pada jalur musik folk, dan masih terus berproses untuk selalu mengkeksplorasinya termasuk invention alat-alat baru untuk project musik berikutnya. Keinginan nya juga besar, untuk  mengadakan konser diberbagai negara bagian di Australia semisal di Melbourne – Victoria.

Rizal9

Tak lama kemudian, satu-persatu penonton mulai berdatangan, juga kawan-kawan ku yang lain yang sempat aku ajak untuk menyaksikan konser si Rizal. Acarapun dimulai, lagu pertama dia lantunkan, “Ocean”,  kemudian diikuti lagu yang lain, a changing Love, Inilah aku, Don’t be Afraid, Long way home, shadow, a way-away yang semuanya ada dalam Album “Away” Rizal & Rasendriya.

rizal7

Kurang lebih hampir dua jam Rizal performance, bermacam-macam alat musik yang dia mainkan, mulai dari Ukele yang juga dia buat sendiri dari skateboard bekas, Benjo, suling, gitar, karinding,dan Rasendrinya, …ah Dia memang musisi berbakat. Para penononton yang datang pun dibuatnya kagum dan menikmati setiap lagu yang dia mainkan, apalagi saat akhir acara Rizal mengajak salah satu penonton nge Jam bareng dengan nya…toplah rizal..selamat atas konsernya yah….
Ingat nanti aku akan kontak kamu untuk makan malam bareng :-)

Leave a Reply