Home » Food » Telor Pindang (brown eggs)

Telor Pindang (brown eggs)

telor pindang

Telor meupakan salah satu asupan gizi yang bermanfaat bagi kita. Ingat masa kecil dulu tentang 4 sehat 5 sempurna salah satu yang harus dikonsumsi agar tubuh kita menjadi sehat, yah makan telor. Telor ayam atau telor bebek bisa diolah jadi apa saja, bisa kita rebus, atau bisa kita bikin telor dadar, tahu telor, telor bumbu bali atau apa saja sesuai selera dan hal inilah yang membuat telor menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia karena cara mengolahnya yang relatif mudah. Pada kesempatan kali ini kembali aku mau berbagi resep, kuliner Indonesia yang bernama “telor pindang”. Telor pindang di daerah Jogjakarta biasanya sebagai pelengkap makanan khas gudeg, dan di jawa timur semisal di bangil tempat masa kecilku telor pindang dijadikan pelengkap nasi tumpeng.

Baiklah mungkin tak perlu muter-muter, langsung saja saya berikan resepnya. Pertama tama siapkan 10 butir telor Ayam atau telor bebek, sekali lagi sesuai selera. lalu rebus sampai matang, dinginkan dan kemudian kupas kulit telornya, lalu sisihkan lalu kita persiapkan bumbu yang lain.
Bumbu bumbu yang lain yang harus anda persiapkan adalah sebagai berikut :
50 grm daun bawang merah atau bawang bombay
1 sendok makan garam kalau gak ada bisa diganti dengan kecap asin
3 lembar daun jambu klutuk [kalau gak ada gak usah pakai]
2 lembar daun jati [kalau gak ada gak usah pakai]
gula merah 100 grm [kalau gak ada bisa di ganti dengan kecap manis 4 sendok makan]
2 cm laos [galanggal]
3 lembar day salam [bayleaf]

Cara memasak : Masukkan semua bumbu tersebut dalam sebuah panci dan rebus dengan 1 liter air bersamaan itu pula masukkan telur ke dadalam panci. Rebus dengan api kecil, sampi mendidih dan bumbu meresap, ditandai dengan bergantinya warna telor menjadi warna coklat. Setelah bumbu meresap tiriskan telor dan siap dihidangkan. Telor pindang ini bagi saya paling cocok jika disandingkan dengan makan lain yang berkuah santan, semisal sayur lodeh atau bahkan gulai. Selamat mencoba dan menikmati:-)

 

Leave a Reply